Suatu perusahaan di katakan memiliki keunggulan kompetitif ketika perusahaan mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain. Memahami keunggulan kompetitif Anda adalah penting. Ini adalah alasan Anda berada dalam bisnis. In adalah apa yang Anda lakukan yang terbaik yang menarik pelanggan untuk membeli produk/ jasa Anda, bukan pesaing Anda. Perusahaan yang sukses sengaja membuat pilihan untuk menjadi unik dan berbeda dalam kegiatan bahwa mereka benar-benar baik dan mereka memfokuskan seluruh energi mereka di daerah-daerah.
MEMPERTAHANKAN KEUNTUNGAN ANDA SELAMA KOMPETISI
Tidaklah cukup hanya dengan memiliki keuntungan lebih dari pesaing Anda. Untuk bisnis Anda menjadi besar, perlu cuaca dan lingkungan badai kompetitif. Anda harus mampu memerangi kekuatan pasar sengit hari ini dan ketidakpastian. Dengan kata lain keunggulan kompetitif Anda harus berkelanjutan dan mampu menanggung ujian waktu bagi perusahaan Anda untuk menjadi besar. Mengapa ? Karena keuntungan paling besar dapat digandakan dalam periode waktu.
Berikut adalah fakta kasar dan dingin : sekitar 70% dari semua produk baru dapat digandakan dalam satu tahun dan 60- 90% dari perrbaikan proses (pembelajaran) akhirnya berdifusi ke pesaing. Dan semua orang tahu bersaing pada harga tidak pernah berkelanjutan.
MENEMPATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF UNTUK MENGUJI
Sekarang saatnya untuk menempatkan keunggulan kompetitif Anda unutk menguji. Bagaimana Anda tahu kapan Anda telah mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan? Berikut adalah tiga kriteria yang dapat membantu mengevaluasi apakah Anda berada di jalur yang benar :
- pelanggan harus melihat perbedaan yang konsisten pada produk/ jasa dan orang-orang dari pesaing Anda. Perbedaan ini harus jelas bagi pelanggan Anda dan itu harus mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
- Keunggulan kompetitif Anda harus sulit ditiru. Hindari jatuh ke dalam perangkap inkompetensi.
- kedua item di atas harus gabungan kegiatan yang dapat terus ditingkatkan, dibina, dan bekerja untuk mempertahankan bahwa tepi atas pesaing Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar