Jumat, 26 November 2010

MANAJEMEN PIUTANG

  • Pengetian Piutang
Piutang merupakan aktiva atau kekayaan perusahaan yang timbul akibat dilaksanakannya politik penjualan kredit.
  • Pengertian Piutang Dagang
merupakan tagihan perusahaan kepada pelanggan/pembeli atau pihak lain yang membeli produk perusahaan.
  • Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Investasi Terhadap Piutang
1. Volume penjualan kredit
    Makin besar penjualan kredit, makin besar pula investasi dalam piutang.
2. Syarat pembayaran penjualan kredit
    Ada dua alternatif pembayarannya, yaitu : Ketat dan Lunak. Ketat, maksudnya perusahaan lebih       mengutamakan kredit, yang batas pembayarannya pendek, sehingga piutangnya kecil sedangkan Lunak kebalikannya, sehingga piutangnya besar.
3. Ketentuan pembatasan kredit
    Makin tinggi plafon yang dtetapkan bagi masng-masing langganan, makin besar pula dana yang diinvestasikan dalam piutang. Makin selektif para langganan yang dapat diberi kredit, akan memperkecil jumlah investasi dalam piutang.
4. Kebijaksanaan dalam mengumpulkan piutang secara aktif dan pasif.
    Aktif maksudnya, dalam pengumpulan piutang akan mempunyai pengeluaran uang lebih besar untuk membiayai utangnya.
5. kebijaksanaan membayar dari para pelanggan dengan cash discount atau tidak menggunakan cash discount, contohnya potongan tunai.
    Dalam penilaian pelanggan ada 5C, yaitu ;
    1. character (karakter), menyangkut kejujuran, tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban.
    2. capacity (kapasitas), kemampuan untuk membayar hutangnya.
    3. capital (kapital), dilihat dari jumlah modal sendiri yang dimiliki perusahaan dari suatu periode.
    4. callateral (kolateral/jaminan), jaminan dalam pengambilan kredit.
    5. conditions (kondisi), kondisi perekonomian secara umum.
    Langkah Penyaringan Pelanggan ada 4 langkah, yaitu :
    1. penentuan besarnya resiko yang akan di tanggung oleh perusahaan
    2. penyelidikan tentang kemampuan untuk memenuhi kewajibannya
    3. mengadakan klasifikasi dari para pelanggan berdasarkan resiko pembayaran
    4. mengadakan seleksi dari pelanggan
    Langkah-langkah penyaringan pelanggan dengan mempertimbangkan soliditas ada 3, yaitu :
    1. Soliditas Komersil, ditunjukkan dari kebiasaan/kejujuran perusahaan dalam kewajibannya pada pihak tertentu.
    2. Soliditas Finansial, jumlah mol kerja yang dimiliki perusahaan.
    3. Soliditas Moril, sifat dan moril dari pimpinan.
    Soliditas adalah hal yang menyangkut kepercayaan pihak luar kepada perusahaan.
      • Pengertian Budget Piutang
       Yaitu membuat estimasi penerimaan piutang (cash inflow). Yang perlu diperhatikan :
      1. kebiasaan membeli dalam membayar hutang
      2. kebijaksanaan cash discount
      3. kebijaksanaan piutang ragu-ragu
      Hal-hal yang terkait dalam penggumpulan piutang dan kebijakan kredit adalah :
      1. Standar Kredit
           Kualitas minimum penilaian kredit dari peminta kredit yang dapat diterima oleh perusahaan.
      2. Termin Kredit
           Jangka waktu periode kredit dan potongan tunai yang diberikan jika dilakukan pembayaran lebih awal.
      3. Potongan Tunai
          Presentase pengurangan pembayaran dari jumlah bruto penjualan, karena pembayaran dilakukan dalam periode potongan tunai.
      4. Default Risk/ Resiko
          Kerugian dari piutang dagang tidak tertagih yang mungkin terjadi, karena pelonggaran standar kredit dan pelambatan waktu pengumpulan piutang.

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar